Kamis, 24 Maret 2016

SEJARAH DAN LATAR BELAKANG

“Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu menumbuhkan ketentraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah [09]: 103)



“Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana (QS. At-Taubah [09]: 60).



BMT Mardhatillah Berkah berdiri 13 Maret 2013. Sejatinya, BMT adalah sebuah lembaga dengan dua kegiatan. Dilihat dari namanya, BMT adalah singkatan dari Baytul Maal wat Tamwiil yang artinya rumah harta dan usaha. Baytul Maal (rumah harta) berfungsi sebagai lembaga social, sedangkan Baytut Tamwill (Rumah Usaha) berfungsi sebagai lembaga bisnis.

Selama tiga tahun pertama fokus kegiatan masih pada Baytut Tamwiil dengan sesekali melakukan kegiatan sosial dari dana yang disisihkan dari infak pengelola dan infak pembiayaan. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh BMT Mardhatillah Berkah baik di Karawang, Purwakarta, maupun Cikarang di antaranya :


  1. Santunan Yatim dalam rangka Grand Opening Kantor Pelayanan BMT Purwakarta, 1 Desember 2013. Anak yatim yang disantuni sejumlah 50 orang. Masing-masing diberikan uang tunai sebesar Rp 50.000,- dan paket buku dari sponsor (Asuransi Takaful Indonesia)
  2. Penyembelihan Hewan Qurban 10 Dzulhijjah 1435 H yang jatuh pada hari Ahad tanggal 5 Oktober 2014 dilaksanakan di Halaman Kantor BMT Mardhatillah Berkah Purwakarta. Hewan qurban berupa 1 ekor sapi. Daging qurban disalurkan bagi masyarakat sekitar Kantor BMT Purwakarta, Karawang, dan Cikarang.
  3. Tabligh Akbar dan Gema Shalawat yang dilaksanakan di Komplek Desa Campakasari Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta juga melaksanakan santunan kepada anak-anak yatim dan dhuafa. Kegiatan yang dilaksanakan pada 25 Oktober 2014 diisi oleh Ust. Haddad Hasby dari Cigondewah Bandung dilanjutkan oleh Ceng Zamzam dari Garut dengan lantunan shalawatnya.
  4. Penyembelihan Hewan Qurban 10 Dzulhijjah 1436 H yang jatuh bertepatan dengan hari Kamis, 24 September 2015 dilaksanakan di Halaman Kantor BMT Mardhatillah Berkah Purwakarta. Hewan qurban berupa 1 ekor sapi. Daging qurban disalurkan kepada masyarakat di sekitar Kantor BMT Purwakarta, Karawang, dan Cikarang.
  5. Tabligh Akbar dan Santunan Yatim-Dhuafa dilaksanakan pada 1 Januari 2016 di Kp. Tarumasari Desa Jatimekar Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. Tabligh Akbar diisi oleh Ust. Muhammad Mansur (Ki Balap Muda) Pimpinan Ponpes Asy-Syifa Campaka Purwakarta dilanjutkan dengan santunan kepada 50 Yatim dan Dhuafa di lingkungan sekitar.


Kegiatan-kegiatan tersebut menunjukkan berjalannya fungsi BMT yang lain yaitu Baytul Maal (Rumah Sosial) yang pada tahap selanjutnya dapat dikembangkan lebih baik lagi dengan personil yang khusus menangani masalah-masalah sosial.



Setelah kurang lebih tiga tahun berdiri, BMT Mardhatillah Berkah menapaki babak baru. Melihat perkembangan Baytut Tamwil yang mulai ajeg, keinginan untuk menggarap Baytul Maal secara serius mulai dilakukan. Langkah pertama yang diambil adalah dengan mengisi struktur Baytul Maal dan menyusun Rencana Strategis Baytul Maal Mardhatillah Berkah sebagai berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar